WHATSAPP DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mukhamad Murdiono, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitan ini untuk menganalisis adakah pengaruh whatsapp terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMAN Negeri 1 Sukoharjo, dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X. Ukuran sampel penelitian sebanyak 86 siswa ditentukan dengan rumus slovin, selanjutnya sampel diambil di tiap kelas dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui google form dan di sebarkan melalui WhatsApp. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa pembelajaran dalam jaringan melalui whatsApp group berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar PPKn. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan uji t pada persamaan model variabel X (Whatsapp) memiliki nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dengan demikian H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa variabel whatsapp memiliki pengaruh positif terhadap motivasi belajar PPKn.
Kata Kunci: WhatsApp, motivasi belajar PPKn.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.