IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN

Christina Dwi Ayu Wijaya, , Indonesia
Suripno Suripno, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini:(1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan google classroom pada masa pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Banguntapan, (2) mengidentifikasi hambatan dalam proses pelaksanaan pembelajaran, dan (3) upaya mengatasi hambatan tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Banguntapan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan cara cross check.Teknik analisis data meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Proses pelaksanaan pembelajaran melalui beberapa tahap meliputi: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. (2) Hambatan dalam proses pelaksanaan pembelajaran meliputi hambatan internal dan eksternal. (3) Upaya mengatasi hambatan dilakukan baik dari pihak sekolah maupun guru yaitu dengan menyiapkan sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana.

Kata kunci : Pembelajaran, Google Classroom, PPKn

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.