REALISASI PERAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI KABUPATEN SLEMAN
Suyato Suyato,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan Lembaga Swadaya Masyarakat dalam pengembangan Sekolah Ramah Anak di Kabupaten Sleman. Selain itu, bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi Lembaga Swadaya Masyarakat dalam pengembangan Sekolah Ramah Anak di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari Direktur LSM Yayasan SAMIN, satu orang staff Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak LSM Yayasan SAMIN, satu orang staff Unit Anak dan Pendidikan LSM Yayasan Satunama, Direktur LSPPA Yogyakarta serta Kepala Seksi Pemenuhan Hak Anak Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik crosscheck data. Analisis data dilakukan secara induktif dengan langkah-langkah meliputi reduksi data, kategorisasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Peranan LSM dalam pengembangan SRA sebagai upaya pemenuhan hak anak di Kabupaten Sleman yaitu : membantu perumusan agenda kebijakan, menjadi fasilitator/ pelaksana program SRA yang kegiatannya seperti menjadi narasumber sosialisasi di sekolah layanan pendampingan, dan menjadi tim evaluasi SRA. 2) Faktor penghambat LSM dalam pengembangan SRA di Sleman mencakup hambatan baik internal maupun eksternal. Hambatan internal tersebut meliputi terbatasnya personil atau sumberdaya manusia dalam pengembangan Sekolah Ramah Anak di Kabupaten Sleman, keterbatasan anggaran, dan kurangnya koordinasi antar pelaksana kebijakan. Sedangkan hambatan eksternal meliputi terdapatnya sekolah yang tidak mengikuti arahan Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman, masih rendahnya peran guru dan orang tua, kurangnya komponen sekolah yang bisa menyampaikan kembali materi yang diperoleh serta fasilitas ramah anak di sekolah tidak merata.
Kata kunci : Sekolah Ramah Anak, LSM, hak anak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.