PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN MONOPOLI UNTUK PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
Suripno Suripno, , Indonesia
Abstract
Penelitian dan pengembangan media pembelajaran Monopoli SAME bertujuan (1) Mengembangkan media pembelajaran permainan monopoli yang layak secara media maupun materi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMP. (2) Mengetahui efektivitas media pembelajaran permainan monopoli untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall terdiri atas 10 langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi masal. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa (1) Media pembelajaran permainan Monopoli SAME mendapatkan kategori “Sangat Layak” dari hasil validasi ahli media sebesar 87,5%. Sedangkan dari hasil validasi ahli materi mendapatkan kategori “Layak” sebesar 77,78%. Penilaian guru mendapatkan kategori “Sangat Layak” sebesar 100%. (2) Setelah pembelajaran PPKn menggunakan media pembelajaran Permainan Monopoli SAME diperoleh hasil 64,51% peserta didik memperoleh kategori “Sangat Minat”, 29,03% peserta didik memperoleh kategori “Minat” dan 6,45% peserta didik memperoleh kategori “Cukup Minat” dapat disimpulkan media pembelajaran Permainan Monopoli SAME efektif digunakan sebagai media pembelajaran PPKn untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Monopoli SAME, Minat Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.