PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIALOG MENDALAM/BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Suyato Suyato, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas yang menggunakan model pembelajaran Dialog Mendalam/Berpikir Kritis dan yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. (2) Mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik di kelas yang menggunakan model pembelajaran Dialog Mendalam/Berpikir Kritis dan yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Depok sebanyak 128 orang. Teknik pengambilan sampling menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh peserta didik kelas VII A dan VII B. Data dikumpulkan dengan kuesioner, observasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis uji prasyarat analisis, uji hipotesis, uji gain, dan analisis data observasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji t terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas yang menggunakan model pembelajaran Dialog Mendalam/Berpikir Kritis dan metode ceramah, hal ini ditunjukkan dengan nilai P sebesar 0,008 pada taraf signifikansi α= 0,05. Hasil menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima (p<0,05). Model Dialog Mendalam/Berpikir Kritis dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan standar skor gain sebesar 0,50 dengan kategori sedang. (2) Berdasarkan hasil uji t terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar peserta didik di kelas yang menggunakan model pembelajaran Dialog Mendalam/Berpikir Kritis dan metode ceramah hal ini ditunjukkan dengan nilai P sebesar 0,042 pada taraf signifikansi α= 0,05. Hasil menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima (p<0,05). Model Dialog Mendalam/Berpikir Kritis dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan standar skor gain sebesar 0,31 dengan kategori sedang.
Kata Kunci: Dialog Mendalam/Berpikir Kritis, Berpikir Kritis, dan Motivasi Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.