PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR
Mukhamad Murdiono, , Indonesia
Abstract
Artikel ini berdasarkan penelitian yang bertujuan untuk: (1) apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pundong; dan (2) apakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pundong. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan sampel kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t dengan taraf signifikansi α = 5% menggunakan bantuan SPSS 16.0. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pundong. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji t dengan taraf signifikansi sebesar (α = 5% ) menghasilkan > yakni sebesar 3,058 > 2,000 pada df 59 sebesar 2,000 dan nilai signifikasi sebesar 0,003 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,003<0,05), sehingga apabila nilai tersebut diinterpretasikan maka ditolak dan diterima; (2) ada pengaruh positif dan signifikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Pundong. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji t dengan taraf signifikansi sebesar (α = 5% ) menghasilkan > yakni sebesar 3,363 > 2,000 pada df 59 sebesar 2,000 dan nilai signifikasi sebesar 0,001 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,001<0,05), sehingga apabila nilai tersebut diinterpretasikan maka ditolak dan diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.