PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WATOON (WAWASAN NUSANTARA WITH POWTOON) UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Anggun Novitasari, , Indonesia
Mukhamad Murdiono, , Indonesia

Abstract


Penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran WATOON untuk pembelajaran PPKn pada materi Wawasan Nusantara, (2) Mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik pada materi Wawasan Nusantara dengan menggunakan media pembelajaran WATOON. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dengan prosedur pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media pembelajaran WATOON mendapat kategori “sangat layak” dari validasi ahli media dengan nilai 3,45, mendapat kategori “sangat layak” dari validasi ahli materi dengan nilai 3,35, dan mendapat kategori “layak” dari validasi praktisi dengan nilai 2,96, sehingga validasi media pembelajaran WATOON dari ahli media, ahli materi, dan praktisi mendapat persentase 81, 25% dengan kategori “Sangat Layak”. (2) Ketuntasan nilai peserta didik dalam hasil uji coba terbatas produk meningkat dari 10 % pada pretest menjadi 70% pada posttest, sehingga keberhasilan uji coba terbatas produk WATOON mendapat persentase 70% dengan kategori “paham”.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, PowToon, Wawasan Nusantara, WATOON


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.