PENGARUH PEMANFAATAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PPKN TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS VII SMP N 1 DUKUN KABUPATEN MAGELANG
Samsuri Samsuri,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan nilai- nilai kearifan lokal dalam pembelajaran PPKn terhadap sikap nasionalisme siswa kelas VII SMP N I Dukun pada K.D 2.6 bersikap antusias terhadap persatuan dan kesatuan dengan mempertimbangkan karakteristik daerah tempat tinggalnya.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pre test post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N I Dukun sebanyak 191 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Kemudian dua kelas terpilih dijadikan kelas eksperimen (31 siswa) dan kelas kontrol (32 siswa). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Uji coba instrumen penelitian menggunakan uji validitas product moment dan alpha’s cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t test dan uji t yang terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalisis hasil sikap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pemanfaatan nilai- nilai kearifan lokal dalam pembelajaran PPKn terhadap siswa kelas VII E. . Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 (0,000<0,05), (2) ada perbedaan pengaruh pemanfaatan nilai-nilai kearifan lokal terhadap sikap nasionalisme siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini di buktikan dengan hasil perhitungan gain score. Bahwa nilai gain yang diperoleh pada kelas eksperimen ( 0,27) lebih besar dari nilai gain yang diperoleh pada kelas kontrol (0,18) sehingga pemanfaatan nilai-nilai kearifan lokal lebih efektif jika dipakai dalam pembelajaran.
Kata kunci :Pemanfaatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal, Sikap Nasionalisme
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.