PEDAGOGI KRITIS DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN DARI PERSPEKTIF PEMAHAMAN GURU

Lutfi Nur Aini,
suyato suyato,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman guru PPKn tentang pedagogi kritis dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru PPKn di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman yang berjumlah 25 orang. Tehnik pengumpulan data dengan kuesioner. Uji validitas menggunakan korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Tehnik analisis data yang digunakan adalah hasil analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru tentang pedagogi kritis dalam pembelajaran PPKn di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman yang masuk pada kategori sangat tinggi sebanyak 20% (5 orang), yang masuk pada kategori tinggi sebanyak 56% (14 orang), yang masuk pada kategori sedang sebanyak 12% (3 orang), yang masuk pada kategori rendah sebanyak 8% (2 orang), dan yang masuk pada kategori sangat rendah sebanyak 4 % (1 orang).

Kata kunci: Guru, PPKn,  Pemahaman, , Pedagogi Kritis, SMA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.