PENGARUH INTENSITAS BELAJAR TERHADAP WAWASAN KEBANGSAAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN
Mukhamad Murdiono,
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas belajar PPKn terhadap wawasan kebangsaan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 3 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Sewon sebanyak 130 orang. Ukuran sampel penelitian sebanyak 98 peserta. Sebelum data dianalisis, dilakukan pengujian persyaratan analisis berupa uji normalitas data, uji linearitas, dan uji heterokedastisitas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan model uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas belajar PPKn berpengaruh positif dan signifikan terhadap wawasan kebangsaan hal ini didasarkan pada nilai thitung> ttabel (9,656>1,985) pada taraf signifikansi 0,000 (P<0,05). Besarnya hasil koefisien korelasi sebesar 0,702, artinya hubungan intensitas belajar PPKn dengan wawasan kebangsaan dikategorikan kuat positif. Sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 0,493 mengindikasikan bahwa besarnya kontribusi intensitas belajar PPKn terhadap wawasan kebangsaan sebesar 49,3% sedangkan sisanya 50,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti.
Kata kunci: Pengaruh, Intensitas Belajar, Wawasan Kebangsaan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/agora.v8i5.15111
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.