PERANAN GURU PPKn DALAM PENGEMBANGAN WAWASAN GLOBAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Mukhamad Murdiono,
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini: 1) untuk mendeskripsikan peranan guru PPKn, 2) kendala pelaksanaan, dan 3) upaya guru PPKn dalam mengatasi kendala pelaksanaan pengembangan kompetensi global. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang guru PPKn di Kabupaten Bantul. Lokasi penelitian di SMP N 2 Bantul, SMP N 2 Banguntapan dan SMP N 1 Pleret. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan guru PPKn sebagai motivator, fasilitator, informator, pengelola kelas, dan evaluator. Adapun kendala dalam pelaksanaan pengembangan kompetensi global adalah rendahnya kemauan belajar peserta didik, keterbatasan sarana prasarana di daerah pedalaman, kurangnya materi dan kemampuan peserta didik dalam bidang IT, dan keterbatasan waktu pembelajaran. Upaya untuk mengatasi kendala tersebut dengan penggunaan media dan metode pembelajaran yang sederhana, menasehati dan menegur peserta didik, melakukan kontrol kegiatan pembelajaran dan penggunaan metode pembelajaran yang beragam.
Kata Kunci: Peranan guru, kompetensi global, PPKnFull Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/agora.v8i5.15110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.