IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 BANTUL
Marzuki Marzuki,
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bantul, menganalisis faktor pendukung dan hambatan yang dihadapi guru, dan menemukan solusi yang dilakukan sekolah dan guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengatasi dan mencegah hambatan di SMP Negeri 1 Bantul. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun subjek penelitian ini yaitu Wakil Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bantul. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data interaktif model Miles dan Humberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Implementasi penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Bantul melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. (2) Faktor pendukung implementasi penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Bantul yaitu fasilitas sarana dan prasarana, tenaga pendidik, kegiatan pembiasaan, dan ekstrakurikuler. Sedangkan faktor penghambat yaitu karakter yang dimiliki siswa itu heterogen dan Liquid Crystal Display (LCD) yang digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran itu rusak. (3) Solusi yang dilakukan sekolah untuk mengatasi hambatan implementasi penguatan pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Bantul yaitu membudayakan perilaku baik terhadap siswa dan meningkatkan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.