PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN

Ganjar Retno Sulastri,
Samsuri Samsuri,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Jigaw terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 10 Yogyakarta; dan (2) pengaruh metode pembelajaran diskusi kelompok terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 10 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta dengan sampel kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw dan VIII-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar PPKn siswa SMP; dan (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar PPKn siswa SMP.

Kata kunci: Pembelajaran Jigsaw, diskusi kelompok, hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.