EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PPKn MODEL PROJECT CITIZEN DALAM PEMBENTUKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SMK
Samsuri Samsuri,
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model project citizen pada pembelajaran PPKn dalam pembentukan keterampilan memecahkan masalah peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Seyegan berjumlah 386. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis menghasilkan thitung sebesar -2, 345 dan signifikansi 0,022 (< 0,05). Hasil ini didukung dengan skor observasi sebelum dan setelah memperoleh perlakuan, pada kelas kontrol mengalami kenaikan nilai mean sebesar 5,43% sedangkan kelas eksperimen mengalami kenaikan nilai mean sebesar 18,68%. Kesimpulannya project citizen lebih efektif dibandingkan metode diskusi dalam pembentukan keterampilan memecahkan masalah peserta didik pada pembelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Seyegan.
Kata kunci: Project Citizen,Keterampilan Memecahkan Masalah, Peserta Didik.Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.