KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS MASALAH BERBANTU VIDEO DALAM PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME
Samsuri Samsuri,
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keefektifan implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video dalam pembentukan sikap nasionalisme peserta didik di MTs Ibnul Qoyyim Putra. 2) keefektifan implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video dalam pembentukan sikap nasionalisme peserta didik di MTs Ibnul Qoyyim Putri. dan 3) perbedaan keefektifan implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video dalam pembentukan sikap nasionalisme antara peserta didik di MTs Ibnul Qoyyim Putra dan Putri. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 80 peserta didik. Instrumen pengumpulan data dengan angket dan tes. Instrumen diuji menggunakan korelasi Product Moment (rxy) dan uji reliabilitas dengan teknik Cronbach’s Alpha. Uji normalitas yang digunakan adalah rumus Kolmogorov-Smirnov, untuk uji statistik untuk homogenitas data dan uji-t dan uji hipotesis dengan menggunakan gain score. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video efektif dalam pembentukan sikap nasionalisme di MTs Ibnul Qoyyim Putra. Kedua, implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video efektif dalam pembentukan sikap nasionalisme di MTs Ibnul Qoyyim Putri. Ketiga terdapat perbedaan keefektifan implementasi pembelajaran PPKn berbasis masalah berbantu video dalam pembentukan sikap nasionalisme kelas putra dan putri.
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Media Video, Sikap Nasionalisme
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.