EFEKTIVITAS MEDIA FILM "MATA TERTUTUP" DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI UMAT BERAGAMA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS X DI MAN 2 YOGYAKARTA
Suyato Suyato,
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film “Mata Tertutup” dalam penanaman nilai-nilai toleransi terhadap siswa pada pembelajaran PPKn kelas X di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus hingga September 2018 di MAN 2 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dan terdapat dua sampel yaitu kelas X IBB dan X IPA 3. Metode pengumpulan data menggunakan: (1) tes untuk mengukur tingkat pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan, (2) angket untuk mengukur perbedaan sikap toleransi siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment, (3) dokumentasi untuk mendapatkan data di sekolah, seperti silabus, RPP, dan foto kegiatan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji N-gain, uji Normalitas Data One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test, dan uji Hipotesis Independent Sample t Test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media film “Mata Tertutup” efektif untuk penanaman nilai-nilai toleransi umat beragama dalam pembelajaran PPKn kelas X di MAN 2 Yogyakarta. Pemahaman nilai toleransi kelas kontrol mengalami peningkatan yaitu dari 67,12 saat pretest menjadi 76,73 saat posttest dengan peningkatan sebesar 9,61 (14,31%), sedangkan sikap toleransi melalui kuesioner mengalami peningkatan pada kelas eksperiment yaitu dari 78,78 saat pretest menjadi 88,53 saat posttest dengan peningkatan sebesar 9,75 (12,37%).
Kata kunci: Efektivitas, Media Film “Mata Tertutup”, dan Sikap
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the bottom of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.