EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SUB-MATERI WAWASAN NUSANTARA TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS X

Zonif Fatahillah Zonif,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media video pembelajaran sub-materi wawasan nusantara pada mata pelajaran PPKn terhadap sikap nasionalisme siswa kelas X di SMA Negeri 1 Imogiri, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian Kuasi Eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan pada bulan April hingga Juni 2018 di SMA Negeri 1 Imogiri. Populasi penelitian yaitu kelas X MIA SMA Negeri 1 Imogiri. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dan terdapat dua sampel yaitu kelas X MIA 2 dan X MIA 3. Metode pengumpulan data menggunakan: (1) observasi, (2) tes,

(3) kuesioner dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji N-gain, uji Normalitas Data One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test, dan uji Hipotesis Mann Whitney Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas penggunaan media video pembelajaran pada submateri wawasan nusantara terhadap sikap nasionalisme siswa kelas 10 karena dapat diketahui dari uji Mann Whitney yaitu Gain I. H0 ditolak karena Asymp. Sig. (2 tailed) < α (0,000 < 0,05), Gain II. H0 diterima karena Asymp. Sig. (2 tailed) > α (0,075 > 0,05), Gain III. H0 ditolak karena Asymp. Sig. (2 tailed) < α (0,001 < 0,05), dan Gain sikap. H0 ditolak karena Asymp. Sig. (2 tailed) < α (0,000 < 0,05). Dengan demikian penggunaan media video pembelajaran pada submateri wawasan nusantara efektif terhadap sikap nasionalisme siswa kelas X di SMA Negeri 1 Imogiri Kabupaten Bantul.

Kata Kunci: Efektivitas, Media Video Pembelajaran, dan Sikap


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.