TINGKAT KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PPKn DI SMP SE-KOTA YOGYAKARTA

Putri Maelani Putri,

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh pengalaman mengajar terhadap tingkat kompetensi profesional guru anggota MGMP PPKn di SMP Se-Kota Yogyakarta; (2) Mengetahui pengaruh partisipasi dalam kegiatan MGMP terhadap tingkat kompetensi profesional guru PPKn di SMP Se-Kota Yogyakarta; (3) Mengetahui pengaruh pengalaman mengajar dan partisipasi dalam kegiatan MGMP terhadap tingkat kompetensi profesional guru PPKn di SMP Se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Merupakan jenis penelitian populasi dengan menggunakan teknik sampling jenuh dimana populasinya yaitu terdiri dari guru anggota MGMP PPKn SMP yang telah terdaftar di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta serta telah mengikuti UKG tahun 2015 sebanyak 59 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian populasi data dikumpulkan dengan angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi sederhana serta regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengalaman mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi profesional guru ditunjukkan dengan nilai koefisien variabel sebesar 0,916 dan nilai thitung > ttabel (6,163>2,00); (2) Partisipasi dalam kegiatan MGMP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi profesional, ditunjukkan dengan nilai koefisien variabel sebesar 0,521 dan nilai thitung > ttabel (7,197 > 2,00); (3) Pengalaman mengajar dan partisipasi dalam kegiatan MGMP secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi profesional guru, ditunjukkan dengan nilai koefisien variabel X1-Y sebesar 0,455 dan koefisien variabel X2-Y sebesar 0,365 dan nilai fhitung > ftabel ( 31,801>3,15). Sumbangan relatif yang diberikan variabel pengalaman mengajar sebesar 37,3% dan variabel partisipasi dalam kegiatan MGMP sebesar 62,7% sedangkan sumbangan efektif yang diberikan variabel pengalaman mengajar sebesar 19,9% dan partisipasi dalam kegiatan MGMP memberikan sumbangan efektif sebesar 33,3%.

Kata kunci: Pengalaman mengajar, partisipasi dalam kegiatan MGMP, kompetensi professional


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.