PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP PEMBENTUKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik klarifikasi nilai dalam pembelajaran PPKn terhadap pembentukan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X dengan jumlah 227 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yang mana kelas X MIPA 3 (32 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 (33 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes esai dan lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t dengan taraf signifikansi 5% yang dilakukan dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik klarifikasi nilai memberikan pengaruh signifikan terhadap pembentukan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman. Hal ini dibuktikan dari thitung sebesar 6,319 dan nilai ttabel sebesar 4,01 dengan df 58 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,000. Nilai thitung > ttabel (6,319>4,01), atau nilai p < 0,05 (0,000 < 0,05).
Kata kunci: Teknik klarifikasi nilai, Pembelajaran PPkn, Berpikir Kritis
Refbacks
- There are currently no refbacks.
We encourage readers to sign up for the publishing notification service for this journal. Use the Register link at the top of the home page for the journal. This registration will result in the reader receiving the Table of Contents by email for each new issue of the journal. This list also allows the journal to claim a certain level of support or readership. See the journal's Privacy Statement, which assures readers that their name and email address will not be used for other purposes.