PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR OTOMATISASI PERKANTORAN
Muslikhah Dwihartanti, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar otomatisasi perkantoran; 2) besarnya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar otomatisasi perkantoran; dan 3) besarnya pengaruh motivasi belajar dan failitas belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar otomatisasi perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara tahun ajaran 2016/2017, yang berjumlah 70 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrument penelitian menggunakan korelasi Product Moment, da uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikoliniaritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar otomatisasi perkantoran sebesar 51,4%; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar otomatisasi perkantoran yaitu sebesar 33,7%; 3) terdapat pengaruh positif motivasi belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar otomatisasi perkantoran. Sumbangan efektif motivasi belajar dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar sebesar 59,60%.
Kata Kunci: Motivasi belajar, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar Otomatisasi Perkantoran.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Eveline Siregar dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penergit Ghalia Indonesia
Ibrahim Bafadal. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.