PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TYPING MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MENGETIK SISTEM 10 JARI BUTA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Lusi Wahyuni, , Indonesia
Siti Umi Khayatun Mardiyah, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta; (2) pengaruh penggunaan media pembelajaran Typing Master terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta; (3) pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran Typing Master secara bersama-sama terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 4 Klaten yang berjumlah 82 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif; uji prasyarat analisis yang terdiri atas uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinieritas; dan uji hipotesis yang terdiri atas uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 56,3% (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran Typing Master terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 57,8% (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran Typing Master secara bersama-sama terhadap keterampilan mengetik sistem 10 jari buta sebesar 59,9%.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran Typing Master, Keterampilan Mengetik Sistem 10 Jari Buta


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Eko Putro. (1999). Pengetahuan Mesin-Mesin Kantor. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Kemendikbud. (2013). Otomasi Perkantoran 1 Bahan Ajar Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Depok: Direktorat Pembinaan SMK 2013.

Khairunnisa. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mengetik Manual Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. UNY.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Typing Innovation Group Ltd. (2016). Typing Master 10 for Windows. Diakses pada 20 April 2017 dari http://www.typingmaster.com.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Yunita Febriana. (2015). Pengaruh Fasilitas, Disiplin, dan Motivasi Belajar terhadap Kecepatan Mengetik Manual pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Diakses pada 2 Mei 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter