PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN
Joko Kumoro, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) besarnya pengaruh dan signifikansi motivasi belajar terhadap hasil belajar, (2 besarnya pengaruh dan signifikansi metode mengajar terhadap hasil belajar, (3) besarnya pengaruh dan signifikansi motivasi belajar dan metode mengajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran standar kompetensi Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penyebaran angket dan kajian dokumentasi pada 80 siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates pada bulan Juni-Juli 2017. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 27.9% (2) terdapat pengaruh yang signifikan metode mengajar terhadap hasil belajar sebesar 16% (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan metode mengajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar sebesar 35.5%.
Kata kunci: Motivasi belajar, Cara Belajar, Prestasi Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Darwyan Syah (2007). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Islam. Jakarta: Gaung Persada Press.
M. Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Oemar Hamalik. (2012). Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sardiman AM. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zein. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.