PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA PADA PERATURAN TATA TERTIB SEKOLAH DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Puji Rahayu, , Indonesia
Muslikhah Dwihartanti, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh: (1) Perhatian Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa, (2) Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa Terhadap Kedisiplinan Siswa, (3) Perhatian Orang Tua dan Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa Terhadap Kedisiplinan Siswa pada peraturan tata tertib sekolah di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada siswa kelas X dan XI SMK Muhammadiyah 2 Wates dengan 40 responden. Penelitian ini merupakan penelitian sampel dengan jumlah 164 siswa kelas X dan XI SMK Muhammadiyah 1 Wates. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara: (1) Perhatian Orang Tua terhadap Kedisiplinan Siswa sebesar 12,2% (2) Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa terhadap Kedisiplinan Siswa sebesar 24,2%. (3) Perhatian Orang Tua dan Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa terhadap Kedisiplinan Siswa sebesar 28%.

 

Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Komunikasi Interpersonal, Kedisiplinan


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Eko Siswoyo & M Rachman. (2002). Manajemen Kelas. Semarang: Semarang Press

Elizabeth B Hurlock. (2013). Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga

Dolet Unaradjan. (2003). Manajemen Disiplin. Jakarta: PT Grasindo

Bimo Walgito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV Andi Offset

Djuarsa Sendjaja. S (2013). Pengantar ilmu komunikasi. Banten: universitas terbuka

Joseph A Devito. (2011). Komunikasi Antar manusia. Tangerang: Karisma Publising Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter