UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL
Joko Kumoro, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Kemudian mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi Kepala Sekolah dan upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum atau guru pemasaran, wakil kepala sekolah bidang humas atau guru PKN, dan kepala tata usaha SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul yaitu meliputi pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, penghargaan terhadap guru, serta pengembangan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran. 2) Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul yaitu disiplin kerja guru yang kurang, kurangnya komunikasi antara guru dan kepala sekolah, dan kurangnya partisipasi ide maupun saran dari guru kepada kepala sekolah. 3) Upaya kepala sekolah untuk mengatasi hambatan dalam meningkatkan motivasi dan kinerja guru yaitu Kepala Sekolah melakukan pembinaan displin kerja dengan cara memberikan contoh keteladanan terhadap guru, melakukan komunikasi persuasif dengan cara mengawali pembicaraan dengan guru, dan rutin memberikan motivasi dalam bentuk kata-kata penyemangat serta arahan dalam setiap kesempatan .
Kata kunci: upaya kepala sekolah, motivasi dan kinerja guru.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ajeng. (2015). Fungsi Pengarahan dalam Manajemen. http://ilm4a7eng.wordpress.com/fungsi-pengarahan-dalam-manajemen/. Diunduh : 18 Maret 2017, pukul 10.25 WIB
Anwar Prabu Mangkunegara. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Alex S. (1996). Management Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesi.
Henry Fayol, Goodwill. (2012). Pengawasan, Pengarahan, Pengorganisasian, Perencanaan.http://adittasap.wordpress.com.htm/pengawasan-pengarahan/. Diunduh: 15 Januari 2017, Pukul 17.20 WIB
Ibrahim Bafadal. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mukhtar. (2009). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nisa. (2014). Penghargaan Karyawan. http://annisa.blog.perbanas.ac.id/penghargaan-karyawan.html. Diunduh: 6 Februari 2017, Pukul 11.40 WIB
Onong Uchjana. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Suharsini Ari Kunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suranto. (2005). Komunikasi Perkantoran. Yogyakarta: Media Wacana.
Suryo Subroto. (1997). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rieneka Cipta.
Sutarto. (2012). Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Prees.
Refbacks
- There are currently no refbacks.