PENGARUH ASPIRASI SISWA DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Joko Kumoro, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui besarnya pengaruh aspirasi siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, 2) mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan, dan 3) mengetahui besarnya pengaruh aspirasi siswa dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional ex post facto dengan populasi 33 siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen kepada 31 siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Prambanan instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji Prasyarat Analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi dua prediktor. Hasil penelitian: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan aspirasi siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan = 0,535, = 0,286, = 3,524, dan = 1,697 pada taraf signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan = 0,529, = 0,280, = 3,468, dan = 1,697 pada taraf signifikansi 5%, 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan aspirasi siswa dan penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Moyudan dengan = 0,603, = 0,364, = 8,592, dan = 3,32 dengan taraf signifikansi 5%. Sumbangan efektif aspirasi siswa sebesar 17,94% dan penggunaan media pembelajaran sebesar 18,46%, sedangkan 63,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: Aspirasi Siswa, Penggunaan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alex Sobur. 2011. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Herminarto Sofyan & Hamzah B. Uno. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya dalam Penelitian. Gorontalo: Nurul Jannah.
Made Pidarta. 2007. Landasan Kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Grup).
Yudrik Jahja. 2013. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.