PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 2015/2016
Joko Kumoro,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh:(1) penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates, (2) lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates, (3) penggunaan media pembelajaran dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates yang berjumlah 84 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates, dengan nilai thitung7,585>ttabel1,989; nilai r2x1y sebesar 0,412 yang berarti bahwa penggunaan media pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 41,2%; (2) terdapat pengaruh positif lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates, dengan nilai thitung5,476>ttabel1,989; nilai r2x2y sebesar 0,268 yang berarti bahwa lingkungan belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 26,8%; (3) terdapat pengaruh positif penggunaan media pembelajaran dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 1 Wates, dengan nilai Fhitung32,657> Ftabel3,11; nilai R2y(1,2) sebesar 0,446 yang berarti bahwa penggunaan media pembelajarn dan lingkungan belajar bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar sebesar 44,6%.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran, Lingkungan Belajar
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Siregar, Eveline dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara Sofyan, Herminanto dan Hamzah B. Uno. (2012). Teori Motivasi dan Penerapannya dalam Penelitian. Yogyakarta: UNY Press. Khasanah, Neni Uswatun. (2014). “Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta”. Skripsi: UNY Winarsiwi, Vina Septiana . (2015). “Pengaruh Kondisi Siswa dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK N 1 Pengasih”. Skripsi: UNY.
Refbacks
- There are currently no refbacks.