PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG TAMAN WISATA ALAM GROJOGAN SEWU TAWANGMANGU KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH

Desi Kurnia Rahmawati, , Indonesia
Muslikhah Dwihartanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh dan signifikansi harga terhadap kepuasan pengunjung Taman Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu Kabupaten Karanganyar; (2) seberapa besar pengaruh dan signifikansi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung Taman Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu Kabupaten Karanganyar; (3) seberapa besar pengaruh dan signifikansi harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kepuasan pengunjung Taman Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengunjung Taman Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu Kabupaten Karanganyar dan sampel sebanyak 100 pengunjung. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan berganda setelah uji prasyarat dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) harga memiliki pengaruh sebesar 51,2% dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Taman Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu Kabupaten Karanganyar; (2) kualitas pelayanan memiliki pengaruh sebesar 45,2% dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Taman Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu Kabupaten Karanganyar; dan (3) harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh sebesar 59,3% dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung Taman Wisata Alam Grojogan Sewu Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.

 

Kata kunci: harga, kualitas pelayanan, kepuasan pengunjung


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Fandy Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Freddy Rangkuti. 2008. The Power of Brands. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahmud Machfoedz. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Rambat Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter