PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Sri Utami, Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, Indonesia
Sutirman Sutirman, Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, Indonesia

Abstract


          Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif untuk Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi kelas X dengan model pengembangan ADDIE, (2) Mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif untuk Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi kelas X Progam Keahlian Administrasi Perkantoran ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE tersebut terdiri atas: Analysis, Design, DevelopmentImplementation dan Evaluation, namun pada penelitian pengembangan ini hanya dilakukan 4 tahap yaitu Analysis, Design, Development, dan Implementation. Tahap analysis meliputi tahap analisis kebutuhan dan tahap analisis isi. Tahap design meliputi pembuatan flowchart dan storyboard. Tahap development meliputi pembuatan produk multimedia pembelajaran interaktif, validasi ahli materi dan validasi ahli media, serta revisi multimedia pembelajaran dari ahli materi dan ahli media. Tahap Implementation dilakukan dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil yang melibatkan 10 orang siswa dan uji coba kelompok besar yang melibatkan 38 orang siswa. Teknik analisis  data  yang  digunakan  adalah  analisis  deskriptif   kuantitatif  yang dikonversikan  ke  data  kualitatif  dengan  skala Likert.. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahap, yaitu analysis, design, development, dan implementation, (2) hasil penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,00 dengan kategori “baik”; hasil penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,58 dengan kategori “sangat baik; hasil uji pada peserta didik mendapatkan skor rata-rata 4,12 dengan kategori “baik”. Dengan demikian, multimedia pembelajaran interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran.

 

Kata kunci: Pengembangan, Multimedia, Pembelajaran, Interaktif


Full Text:

PDF

References


Cecep Kustandi & Bambang Sutjipto. (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Endang Komara. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Endang, Mulyatiningsih. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Galih Pranowo. (2011). Kreasi Animasi Interaktif dengan Action Script 3.0 pada Flash CS5. Yogyakarta: CV Andi Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter