PELAKSANAAN KOMUNIKASI GURU DENGAN PESERTA DIDIK PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Erni Budiyanti, Jurusan Pendidikan Administrasi FE UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi guru dengan peserta didik pada Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Muhammadiyah 1 Tempel, baik dilihat dari pelaksanaan komunikasi, hambatan yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, informan kunci adalah seorang guru mata pelajaran menangani surat atau dokumen kantor di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Sedangkan informan pendukung adalah peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran dan ketua kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan komunikasi guru dengan peserta didik dilakukan secara langsung dan tidak langsung, secara verbal dan non verbal, dan dengan menggunakan pola komunikasi. Beberapa hambatannya : (1) Hambatan dari guru : kurangnya penguasaan materi saat mengajar, kurang inovatif dan kreatif saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, dan penyampaian materi pembelajaran yang kurang optimal. (2) Hambatan dari peserta didik : peserta didik mempunyai karakter yang berbeda-beda, peserta didik kurang merespon pesan yang disampaikan guru dengan baik, dan perhatian peserta didik yang bercabang. (3) Hambatan dari media : keterbatasan media buku-buku paket (modul) dan penggunaan media belum optimal. Upaya untuk mengatasinya : (1) Guru menciptakan komunikasi yang efektif. (2) Guru berupaya untuk pandai berinovasi dalam penyampaian materi pembelajaran agar tidak membosankan. (3) Peserta didik belajar yang sungguh-sungguh, memperhatikan saatguru sedang menerangkan materi pelajarannya. (4) Peserta didik memperhatikan  apa yang sedang diterangkan oleh guru, tidak maianan HP, tidak tiduran di kelas, dan tidak membuat gaduh di dalam kelas. (5) Guru berupaya melakukan kegiatan belajar mengajar dengan bantuan media komunikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan komunikasi guru dengan peserta didik pada standar kompetensi melakukan prosedur administrasi di SMK Muhammadiyah 1 Tempel belum sepenuhnya dilaksanakan secara optimal.

 

Kata kunci : Komunikasi, Melakukan Prosedur Administrasi

Full Text:

PDF

References


Euis Honiarti. (2004). Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi. Bandung : Armico.

Makmuri Muchlas (2008). Perilaku Organisasi. Yogyakarta : Gajah Mada University Pres.

Onong Uchjana Effendi. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suranto, A.W. (2005). Komunikasi Perkantoran Prinsip Komunikasi untuk Meningkatkan Kinerja Perkantoran. Yogyakarta : Media Wacana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter