KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DAN E-KTP BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

Erin Febby Alfinata,
Rosidah Rosidah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan masyarakat terhadap pelayanan IMB dan E-KTP di Kantor Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu masyarakat yang melakukan pelayanan IMB dan E-KTP di Kantor Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik accidental sampling sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus IKM berdasarkan KEPMENPAN Nomor 25 Tahun 2004. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kepuasan masyarakat terhadap pelayanan IMB pada indeks 62 dengan nilai interval konversi IKM 43,76-62,50 dalam kategori kurang puas. 2) pelayanan E-KTP pada  indeks 65,27 dengan nilai interval konversi IKM 62,51-81,25 dalam kategori puas. 3) IKM tertinggi pada pelayanan IMB terdapat pada indikator prosedur pelayanan dan keadilan mendapatkan pelayanan dengan nilai IKM sebesar 66,66 berada dalam kategori “Puas”, sedangkan IKM terendah pada indikator kecepatan pelayanan dengan nilai IKM sebesar 56,66 dan berada dalam kategori “Kurang Puas”. 4) IKM tertinggi pada pelayanan E-KTP terdapat pada indikator prosedur pelayanan dengan nilai IKM sebesar 71,07 berada dalam kategori “Puas”, sedangkan IKM terendah pada indikator kepastian jadwal pelayanan dengan nilai IKM sebesar 61,96 dan berada dalam kategori “Kurang Puas”.


Full Text:

PDF

References


Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana. (2003). Total Quality Management. Yogyakarta. Andi Offset.

Fandy Tjiptono. (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta. Andi Offset.

Harbani Pasolong. (2010). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Moenir. (2014). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. M. N (2005). Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nina Rahmayanty (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter