PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TENTANG WIRAUSAHAWAN MUDA

Sutrisno Aji Wibowo,
Siti Umi Khayatun Mardiyah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta tentang wirausahawan muda. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2015 yang berjumlah 189 mahasiswa. Teknik sampling mahasiswa menggunakan teknik simple random sampling. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Kari Pearson. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa FE UNY tentang wirausahawan muda termasuk dalam kategori tidak setuju/memiliki persepsi negatif dengan frekuensi sebesar 38,10% (72 mahasiswa dari 189 mahasiswa). Persepsi mahasiswa FE UNY tentang wirausahawan muda ditinjau dari indikator pengetahuan dan minat: (1) dilihat dari indikator pengetahuan termasuk dalam kategori setuju/memiliki persepsi positif dengan frekuensi sebesar 36,51% (69 mahasiswa dari 189 mahasiswa); (2) dilihat dari indikator minat termasuk dalam kategori tidak setuju/memiliki persepsi negatif dengan frekuensi sebesar 44,97% (85 mahasiswa dari 189 mahasiswa).


Full Text:

PDF

References


BPS: Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2017. Diakses pada tanggal 23 Desember 2017, pukul 22.27 WIB, dari http://www.bps.go.id.

Depdiknas. (2010). Peraturan Pemerintah No 17 Tahun 2010 Tentang Penelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kasmir. (2006). KEWIRAUSAHAAN. Jakarta: Rajawali Pers

Moko P. Astamoen. (2008). Enterpreneurship dalam Prespektif Kondisi Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta. Journal of Business & Financial Affairs.

Pikiran Rakyat Com: Rasio Wirausaha Indonesia. Diakses pada tanggal 23 Desember 2017, pukul 23.05 WIB, dari http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2017/03/11/rasio-wirausaha-indonesia-naik-jadi-31-395913.

RISTEK-DIKTI: Pedoman Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia. Diakses pada tanggal 23 Desember 2017, pukul 23.12 WIB, dari http://belmawa.ristekdikti.go.id/2017/04/17/program-kewirausahaan-mahasiswa-indonesia/.

Sumardiningsih, Sri & Mulyani E. (2013). Pengembangan Model Business Center Sebagai Laboratorium Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter dan Perilaku Wirausaha Mahasiswa. Laporan Akhir Penelitian Hibah Bersaing. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yuyus Suryana. (2014). Kewirausahaan: Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses. Jakarta: Pranadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter