PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN

Shoim Tri Asih,
Muslikhah Dwihartanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian, 2) pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian, 3) pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Wonosari sejumlah 96 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan pada 32 siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bantul. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian sebesar 35%, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian sebesar 39%, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan persepsi siswa tentang metode mengajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Administrasi Kepegawaian sebesar 55%.


Full Text:

XML

References


Bakar, R. (2014). The Effect of Learning Motivation on Student’s Productive Competencies in Vocational High School West Sumatra. Journal, 4(6): 722-732, ISSN(e): 2224-4441 / ISSN(p): 2226-5139.

Djamarah, S.B. & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Entwistle, N. (2004). Learning Outcomes and Ways of Thinking Across Contrasting Disciplines and Setting in Higher Education. Undergraduated Courses. University of Edinburgh School of Education.

Huitt, W. (2001). Motivation to Learn: An Overview Educational Psychology Interactive. Valdosta, GA: Valdosta State University. Artikel. Di ambil pada tanggal 14 Januari 2018, dari http://edpsycinteractive.org/topics/motivation/motivate.html

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kostania, G dkk. (2015). The Aplication of Role Play Method to Increase Participation of Students in Learning Management of Midwifery at Diploma III of Midwifery Students. Journal, No. 2, Hal. 296-301.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N.S. & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter