PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHDAPAP KINERJA GURU DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL

Niken Akmala Rini,
Sutirman Sutirman,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul, (2) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul, (3) mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Muhammadiyah 2 Bantul yang berjumlah 34 guru. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 32,8% dengan nilai signifikasi (3,951>2,03); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 55% dengan nilai signifikansi  (6,252 > 2,03); (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 63,2% dengan nilai signifikansi (26,600 > 3,30).


Full Text:

PDF

References


Agustin, E. (2015). Skripsi: Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Dabin IV Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Yogyakarta: UNY.

Asf, J. & Mustofa, S. (2013). Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ganta, V.C. (2014). Motivation In The Workplace To Improve The Employee Performance. Department Of Commerce And Management Studies Andhra University, Visakhapatnam. 2349-4476.

Handayani, T. & Rasyid, A.A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru SMA N Wonosobo. Yogyakarta: UNY. 2461-0550.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara, A.A.A.P. (2005). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Muniroh, W. (2015). Skripsi: Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. Yogyakarta: UIN.

Rachmawati, T. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.

Sowiyah. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Yamin, M. & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yulia, L. (2017). Skripsi: Pengaruh Motivasi Kerja Guru dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Yogyakarta: UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter