PERAN HUMAS SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI PUBLIK

Ivonny Nuzula Febriananda,
Siti Umi Khayatun Mardiyah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran humas SMK Muhammadiyah 1 Sleman dalam membangun komunikasi publik. penelitian ini merupakan penilitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari 2 informan yaitu Kepala Sekolah dan Wakasek Kehumasan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi  sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan humas SMK Muhammadiyah 1 Sleman dalam membangun komunikasi publik secara keseluruhan sudah berjalan melalui peran humas sebagai komunikator, peran humas sebagai pembina hubungan, peran humas sebagai back up management dan peran humas sebagai pembentuk citra. Wujud kegiatan humas sebagai komunikator meliputi: kegiatan upacara bendera, kegiatan rapat formal, masa orientasi siswa (MOS), presentasi profil SMK Muhammadiyah  1 Sleman, rapat wali murid, kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI), penyampaian informasi kepada alumni, penyampaian informasi kepada masyarakat, dan penyampaian informasi kepada pemerintah. Wujud kegiatan humas sebagai pembina hubungan (relationship) meliputi: kegiatan pengajian bersama, kegiatan syawalan guru dan karyawan, kegiatan milad sekolah, mengadakan pertandingan olahraga, perayaan hari raya qurban, mengadakan bazar murah, dan menjalin kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Wujud kegiatan humas sebagai back up management meliputi: humas melakukan kegiatan promosi kepada pihak Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) yang diajak bekerjasama, melakukan kerjasama dengan SMP untuk mengadakan presentasi sekolah, melaksanakan penyaluran lulusan ke beberapa instansi Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Wujud kegiatan humas sebagai pembentuk citra meliputi: menciptakan suasana nyaman di sekolah, memberikan pelayanan terhadap publik, meningkatkan kualitas pendidikan dan kinerja guru, mengadakan bakti sosial, dan berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Anggoro (2002). Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daniel Yadin. (2003). Public Relations (Frank Jeknis. Terjemahan) London: Indonesia. Jakarta: Erlangga

Rosady Ruslan. (2005). Kiat Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rugaiyah dan Atiek Sismiati. (2011). Profesi Kependidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sri Haryani. (2001). Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: AMP YKPN

Tatang. M Amirin dkk. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter