PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL
Joko Kumoro,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh (1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar, (2) Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar, (3) Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas X kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen pendidikan dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan pada siswa kelas X kompentensi keahlian administrasi perkantoran yang berjumlah 42 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara: (1) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar sebesar 39,3%, (2) Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar sebesar 50,8%, dan (3) Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar sebesar 64,6%.
Full Text:
PDFReferences
Darwyan Syah, dkk. 2007. Perencanaan
Sistem Pengajaran Pendidikan Agama
Islam. Jakarta: Gaung Persada Press
Eko Siswoyo & M Rachman. (2002).
Manajemen Kelas. Semarang: Semarang
Press.
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan
Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
M. Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan.
Jakarta: Rineka Cipta.
Muhammad Fadlilah & Lilif Mualifatu Khorida. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muhibbin Syah. (2008). Psikologi Belajar.
Jakarta: Rajawali Press.
Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Oemar Hamalik. 2012. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sardiman A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain.
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.