PENGARUH MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MEMPROSES PERJALANAN DINAS SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK MUHAMMADIYAH 2 BANTUL
Joko Kumoro,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar, (2) minat belajar terhadap prestasi belajar, dan (3) motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Memproses Perjalanan Dinas Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan pada siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran yang berjumlah 31 siswa. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data penelitian, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan : (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 22,4%, (2) minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 18,4%, dan (3) motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 31%.
Full Text:
PDFReferences
Enco Mulyasa. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Hamzah B. Uno. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Richard M. Ryan and Edward L. Deci. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Diambil pada tanggal 28 November 2017, dari https://mmrg.pbworks.com/f/Ryan,+Deci+00.pdf
Saifuddin Azwar. (2002). Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.
Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.