TINGKAT PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI DI SMP NEGERI KOTA YOGYAKARTA

Anisa Rahmawati Pamungkas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap pendidikan kesehatan reproduksi di SMP Negeri Kota Yogyakarta

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil tempat di SMP N 6 Yogyakarta, SMP N 7 Yogyakarta, SMP N 9 Yogyakarta, SMP N 12 Yogayakarta, SMP N 14 Yogyakarta dan SMP N 16 Yogyakarta. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII dari masing-masing sekolah dengan jumlah keseluruhan populasi adalah 1171 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling dengan perhitungan menggunakan rumus Slovin dan didapatkan sampel sebanyak 300 siswa. Teknik analisis data dari penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat pemahaman siswa terhadap pendidikan kesehatan reproduksi di SMP Negeri Kota Yogyakarta berada pada kategori baik yaitu dengan 89% dari keseluruhan responden memiliki tingkat pemahaman pada kategori baik kemudian 9% pada kategori cukup dan 2% pada kategori kurang. 2) Terdapat perbedaan pemahaman pada siswa laki – laki dan perempuan yaitu dengan 36% dari keseluruhan responden laki-laki memiliki tingkat pemahaman pada kategori baik dan 54% dari keseluruhan responden perempuan memiliki tingkat pemahaman pada kategori baik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v11i1.17981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics