PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KETERGANTUNGAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI SMK NEGERI 1 BANTUL

Hafidz Azizan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) tingkat ketergantungan media sosial siswa SMK N 1 Bantul. (2) tingkat kepercayaan diri siswa SMK N 1 Bantul. (3) pengaruh kepercayaan diri terhadap ketergantungan media sosial siswa SMK N 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis regresi. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Bantul pada bulan Maret 2016. Sampel diambil menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling dengan jumlah 139 siswa. Alat pengumpul data berupa skala kepercayaan diri dan skala ketergantungan media sosial. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kepercayaan diri dengan kategori tinggi sebanyak 48% atau setara dengan 67 siswa, kategori sedang sebanyak 52% atau setara dengan 72 siswa, dan kategori rendah sebanyak 0%. Siswa yang memiliki ketergantungan sosial media  dengan kategori tinggi sebanyak 15% atau setara dengan 20 siswa, kategori sedang sebanyak 69% atau setara dengan 95 siswa, dan kategori rendah sebanyak 16% atau setara dengan 22 siswa. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan diri dengan ketergantungan media sosial pada siswa SMK N 1 Bantul, sehingga dapat diartikan kepercayaan diri memprediksikan ketergantungan media sosial sebesar 22%.

Kata kunci : kepercayaan diri, ketergantungan media sosial

 

Abstract

This research is aimed to determine: (1) the level of dependence of social media of students SMK N 1 Bantul. (2) the level of self-confidence of students SMK N 1 Bantul. (3) the influence of social media dependence on the self-confidence of students SMK N 1 Bantul. This research uses quantitative approach to the type of regression. This research was conducted in SMK 1 Bantul in March 2016. Samples were taken using Proportional Stratified Random Sampling technique with the number of 139 students. Data collector in the form of scale of confidence and scale social media dependency. Validity and reliability of the instrument was calculated using Alpha Cronbach. Analysis of data using simple regression techniques. The results showed that students who have self-confidence with high category by 48%, equivalent to 67 students, the category was 52%, equivalent to 72 students, and low category as much as 0%. Students who have a dependence on social media with high category by 15%, equivalent to 20 students, a category was as much as 69%, equivalent to 95 students, and the lower categories by 16%, equivalent to 22 students. There is a significant relationship between self-confidence in social media dependence on SMK N 1 Bantul, so it can be interpreted self-confidently predicts the dependence of social media by 22%.

Keywords: self-confidence, dependence of social media

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.