TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) SMA NEGERI 1 SEYEGAN

Annisa Sari Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model cooperative learning dengan teknik TS-TS dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan pemahaman materi siswa, (2) penerapan model cooperative learning dengan teknikĀ  TS-TS dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan keterampilan kerja sama siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 3 (KKO) SMA Negeri 1 Seyegan yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Indikator keberhasilan pada tindakan ini adalah apabila 75% dari jumlah siswa mencapai KKM, yaitu 71 dan keterampilan kerja sama siswa mencapai 80%, yang dapat dikategorikan bahwa kerja sama siswa sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dapat: (1) meningkatkan pemahaman materi siswa, pada siklus I sebesar 44,5% dari jumlah siswa yang mencapai KKM/tuntas, dan pada siklus II naik menjadi 83,4% dari jumlah siswa yang mencapai KKM/tuntas, (2) meningkatkan keterampilan kerja sama siswa, pada siklus I siswa yang berkategori sangat baik sebesar 38,9%; siswa yang berkategori baik sebesar 19,5%; siswa yang berkategori sedang sebesar 30,6%; siswa yang berkategori cukup sebesar 11%; pada siklus II siswa yang berkategori sangat baik sebesar 83,3%; siswa yang berkategori baik sebesar 11,1%; siswa yang berkategori sedang sebesar 5,6%.


Keywords


Materi; Kerja Sama; Two Stay Two Stray

Full Text:

PDF

References


Agung Hidayat. (2015). Penerapan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2013/2014. Laporan Penelitian Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Anita, Lie. (2008). Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indo.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

________. (2013). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Miftahul Huda. (2011). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Surachman. (2001). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Tika Risti Mulawarti. (2011). Peningkatan Keterampilan Diskusi Siswa Kelas X SMA N 1 Pleret Bantul Melalui Model Pembelajaran Two Stay Two Stray. Laporan Penelitian Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International