PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN PERPADUAN PERMAINAN EDUKATIF TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XA SMA N 1 GAMPING SLEMAN D.I YOGYAKARTA

Diah Ayuningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas X A SMAN 1 Gamping melalui model pembelajaran STAD dengan permainan edukatif talking stick. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), menggunakan pendekatan kualitatif dan berpedoman pada model analisis Miles dan Huberman. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 1 Gamping. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan pada motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik pada setiap siklusnya. Peningkatan rata-rata skor motivasi belajar secara keseluruhan sebesar 10,5%. Sedangkan peningkatan prestasi belajar peserta didik secara keseluruhan sebesar 65,97%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan perpaduan permainan edukatif talking stick dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar ekonomi peserta didik Kelas XA SMA N 1 Gamping Sleman D.I Yogyakarta.

Keywords


Student Team Achievement Divisions (STAD); Talking stick; Motivasi belajar; Prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Astuti, I.P. (2008) yang berjudul “Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Ekonomi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD (Student Teams Achievement Division) di kelas X SMA N 1 Muntilan”. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Islami, I.N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) dengan Perpaduan Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK Koperasi.Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: FE UNY.

Nana Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali pers, 2010, PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Utami, W. dkk. (2016). Penerapan Model Talking stick Berbantuan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa. Skripsi. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.

Wiriatmadja, R. (2007). Model Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International