EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LABORATORIUM ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 MAGELANG

Ratnawati Diah Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas pemanfaatan laboratorium Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran dengan sampel sejumlah 138 siswa, 14 guru Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran dan 3 pengelola laboratorium Administrasi Perkantoran dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pemanfaatan laboratorium Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Magelang masuk kategori efektif dengan persentase sebesar 80,3%. Indikator efektivitas pemanfaatan laboratorium Administrasi Perkantoran terdiri dari: (1) indikator input masuk kategori sangat efektif dengan persentase sebesar 85,3%, (2) indikator proses masuk kategori efektif dengan persentase sebesar 75,2% dan (3) indikator output masuk kategori efektif dengan persentase sebesar 80,3%. Indikator input terdiri dari pengguna laboratorium masuk kategori efektif dengan persentase sebesar 84,5% dan fasilitas laboratorium masuk kategori sangat efektif dengan persentase sebesar 86,0%. Indikator proses terdiri dari (a) prosedur penggunaan sarana masuk kategori efektif dengan persentase sebesar 80,0%, (b) alokasi waktu masuk kategori efektif dengan persentase sebesar 76,6% dan (c) used factor lab masuk kategori cukup efektif dengan persentase sebesar 69,0%. Indikator output berupa pemanfaatan laboratorium efektif sebagai sarana dan sumber belajar ditunjukkan dengan persentase sebesar 80,3%.

 

Kata kunci:     Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Administrasi Perkantoran

Full Text:

PDF

References


E Mulyasa. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

J J Hasibuan dan Moedjiono. (2012). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marham Sitorus dan Ani Sutiani. (2013). Pengelolaan dan Manajemen Laboratorium Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter