PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN EKSPRESI TARI DI KELAS XI IPA 2 SMA STELLA DUCE 1 MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN KOLABORATIF
Dr. Sumaryadi, Seni Tari UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan efektivitas pembelajaran
ekspresi tari di kelas XI IPA 2 SMA Stella Duce 1 melalui teknik pembelajaran
kolaboratif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Stella
Duce 1 yang mengambil pilihan seni tari dengan jumlah 8 putri. Pelaksanaan
ini penelitian adalah semester genap tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
menggunakan dua siklus tindakan dari Kemmis and Taggart, yang masingmasing
siklus terdiri dari tahap-tahap : 1) perencanaan, 2) implementasi,
3) observasi, dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan
adalah observasi, tes penampian dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
dipergunakan adalah teknik statis deskriptif. Keberhasilan tindakan pada
penelitian ini ditandai adanya peningkatan efektivitas pembelajaran ekspresi
tari yang indikatornya adalah peningkatan kemampuan : 1) teknik dasar gerak,
2) hafalan, dan 3) irama dengan rata-rata skor minimal 3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan efektivitas
pembelajaran kemampuan praktik tari melalui teknik kolaborasi pada semua
aspek yang diterapkan. Pada aspek gerak dasar terjadi peningkatan skor dari 2
pada awal tindakan menjadi 3,25 pada akhir tindakan. Pada aspek hafalan
terjadi peningkatan skor dari 1,75 pada awal tindakan menjadi 3,37 pada akhir
tindakan. Pada aspek irama terjadi peningkatan dari 2,37 pada awal tindakan
menjadi 3,37 pada akhir tindakan sehingga semua aspek skornya di atas kriteria
skor minimal yaitu 3.
Kata kunci : efektivitas pembelajaran, ekspresi tari, teknik kolaboratif
Refbacks
- There are currently no refbacks.