PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN TARI BERBASIS IMAGE STREAMING DI TK KHALIFAH WIROBRAJAN YOGYAKARTA

Vini Viodita Vini,

Abstract


PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN TARI BERBASIS IMAGE STREAMING DI TK KHALIFAH WIROBRAJAN YOGYAKARTA

Penulis 1 : VINI VIODITA (11209244030)
Penulis 2 : Trie Wahyuni, M. Pd 
Penulis 3 : P. Wulansari, M. Sn 
Abstrak

       Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran tari berbasis imagestreaming di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta.

       Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok anak  usia 4-6 tahun untuk kelompok TK A dan B yang berjumlah 22 anak. Kolaborator penelitian ini adalah Ibu Emma Istiarum, S.S. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pengamatan kolaborator, rekaman audio visual, foto, catatan harian, tes penampilan, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif didukung data kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini ditandai apabila: (1) perbandingan sebelum dan sesudah tindakan mengalami peningkatan kreativitas dengan menganalisis keseluruhan aspek kreativitas dan (2) persentase minimal dari semua aspek kreativitas adalah 51%. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas proses, validitas hasil, dan validitas demokratik.

            Hasil penelitian ini adalah kreativitas anak meningkat dalam pembelajaran tari. Pada tahap Pra-Tindakan, terdapat 19 anak memenuhi kriteria kurang dan cukup dengan persentase 95% dan 3 anak memenuhi kriteria baik dengan persentase 15%. Pada Siklus I, hasil penilaian meningkat, yaitu terdapat 14 anak yang memenuhi kriteria baik dan sangat baik dengan persentase 70%. Pada tahap ini, aspek kelancaran meningkat dimana anak sudah mampu mengemukakan ide mengenai tema tari tanpa bantuan peneliti. Pada Siklus II, terdapat 16 anak yang memenuhi kriteria baik dan sangat baik dengan persentase 90%. Aspek keluwesan  pada tahap ini juga meningkat dimana anak sudah mampu memperagakan gerakan secara luwes. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode imagestreaming dapat meningkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran tari di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta.

 

Kata kunci: kreativitas, pembelajaran tari, imagestreaming

 

 

THE INCREASE OF CHILDREN’S CREATIVITY IN DANCE LEARNING BY USING IMAGE STREAMING IN TK KHALIFAH WIROBRAJAN YOGYAKARTA

 

ABSTRACT

BY:

1.  Vini Viodita, 11209244030, vini.viodita@yahoo.co.id

2.  Dra. Trie Wahyuni, M. Pd.

3.  Pramularsih Wulansari, M. Sn.

 

This research aims to increase children’s creativity in dance learning by using image streaming in TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta.

This research is a class action research. The procedures of this research are planning, action, observation, and reflection. The subject of this research is groups of children of four to six years old in TK A and B which consist of 22 children. The collaborator of this research is Miss Emma Istiarum, S.S. The data gathering technique used in this research is observation, collaborator observation, audio visual recording, photos, daily notes, performance test, and interview. The data analysis technique uses qualitative descriptive analysis supported by quantitative data. The criteria of successful action in this research are marked if: (1) the comparison before and after actions increase the children’s creativity from various aspects of creativity, (2) the minimal percentage from all aspects of creativity is 51%. The data validity used is process validity, content validity, and democratic validity.

            The result of this research is the children’s creativity increases in the dance learning. The results in pre-action stage are 19 children fulfill poor and sufficient criteria, which reach 95% while 3 children fulfill good criteria, which reach 15%. In Cycle One, the result increases in which fourteen children fulfill good and excellent criteria, which reach 70%. In this cycle, the children’s fluency increases in which the children are able to express their ideas about theme of dance without the researcher’s help. In Cycle Two, there are 16 children fulfill good and excellent criteria, which reach 90%. In this cycle, the children’s flexibility increases in which they are able to imitate the movements smoothly. Therefore, it can be concluded that the image streaming method can increase children’s creativity in dance learning in TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta.

 

Keywords: creativity, dance learning, image streaming


Refbacks

  • There are currently no refbacks.