PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TARI GAMBYONG PAREANOM UNTUK SISWA SMP

Titi Nugraheni Rahayu,

Abstract


PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TARI GAMBYONG PAREANOM UNTUK SISWA SMP
Oleh:
1. TitiNugraheniRahayu,_10209241047, pletik_entik@yahoo.com
2. Kusnadi, M.Pd.
3. EndangSutiyati, M.Hum
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif tari Gambyong Pareanom untuk pembelajaran tari di SMP yang tervalidasi oleh ahli materi, ahli media pembelajaran, dan siswa calon pengguna dalam mengatasi permasalahan media pembelajaran seni tari.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap pertama studi pendahuluan, meliputi analisis kebutuhan dan studi literal; tahap kedua pengembangan produk media pembelajaran, meliputi pembuatan desain materi pembelajaran, meliputi pembuatan flowchart, membuat storyboard, pengumpulan bahan pendukung, produksi media pembelajaran, dan pengemasan produk; ketiga uji coba produk. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah Wenti Nuryani, M.Pd. sebagai ahli media pembelajaran, Dra. Hartiwi sebagai ahli materi pembelajaran, dan siswa seni tari kelas VII SMP Negeri 16 Purworejo. Kualitas media pembelajaran yang dikembangkan dinilai berdasarkan respon kuesioner yang diberikan kepada subjek ujicoba. Data tersebut kemudian diubah dalam bentuk skor standar seratus. Media pembelajaran dinyatakan layak apabila skor rata-rata akhir minimal 70. Maka, apabila skor rata-rata akhir kurang dari 70 maka media pembelajaran tersebut dinyatakan kurang layak.
Hasil penelitian menunjukan data sebagi berikut. Hasil evaluasi ahli materi pada aspek kebenaran konsep memiliki skor rata-rata hasil sebesar 87,5; aspek materi memiliki skor rata-rata hasil sebesar 90; dan aspek pembelajaran memiliki skor rata-rata hasil sebesar 85 maka ketiganya termasuk kategori layak. Hasil evaluasi ahli media pada aspek tampilan memiliki skor rata-rata hasil sebesar 86 dan aspek pemrograman memiliki skor rata-rata hasil sebesar 92,5 maka keduanya termasuk kategori layak. Hasil uji coba lapangan terbatas dengan subjek uji coba sebanyak 5 orang pada aspek tampilan memiliki skor rata-rata hasil sebesar 90; aspek materi memiliki skor rata-rata hasil sebesar 92,5; dan aspek pembelajaran memiliki skor rata-rata hasil sebesar 92,5 maka semuanya termasuk kategori layak. Hasil uji coba lapangan utama dengan subjek uji coba sebanyak 20 orang pada aspek kebenaran konsep memiliki skor rata-rata hasil sebesar 87,75; aspek materi memiliki skor rata-rata hasil sebesar 89; dan aspek pembelajaran memiliki skor rata-rata hasil sebesar 88,5 maka semuanya termasuk kategori layak. Berdasarkan analisis hasil evaluasi ahli materi dan ahli media, serta uji coba lapangan terbatas dan lapangan utama dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran seni tari di SMP.
Kata kunci: Multimedia Interaktif, PembelajaranTariGambyong, Siswa SMP


Refbacks

  • There are currently no refbacks.