NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM TARI GOLEK KENYA TINEMBE

Yohana Alvita Rosari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sumaryadi Sumaryadi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tari Golek Kenya Tinembe.  

Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Objek material penelitian ini adalah tari Golek Kenya Tinembe, sedangkan objek formalnya adalah nilai-nilai pendidikan karakter. Subjek penelitian ini adalah pengajar tari klasik gaya Yogyakarta. Instrumen utama di dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penjaringan data, dilakukan peneliti dipandu oleh panduan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik untuk mencapai kredibilitas data yang digunakan adalah triangulasi. 

Hasil penelitian ini sebagai berikut. Tari Golek Kenya Tinembe diciptakan oleh KRT Sasmintadipura pada tahun 1976 atas permintaan dari Dewan Kebudayaan Yogyakarta untuk materi pembelajaran tari tingkat SMP. Tari Golek Kenya Tinembe menggambarkan perempuan yang sedang beranjak dewasa yang sedang gemar bersolek, ngadi salira, dan ngadi busana. Tari Golek Kenya Tinembe mengandung sebelas nilai, yaitu sembilan nilai pendidikan karakter dan dua nilai budi pekerti, yakni 1) religius, 2) toleransi, 3) disiplin, 4) kerja keras, 5) kreatif, 6) mandiri, 7) rasa ingin tahu, 8) cinta tanah air, 9) tanggung jawab, 10) mampu mengendalikan diri serta memiliki 11) tata krama dan sopan santun. 

Kata Kunci: nilai pendidikan karakter, tari Golek Kenya Tinembe 


Full Text:

PDF

References


Cholid Narbuko dan H. Abu Achmadi. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Dewan Ahli Yayasan Siswa Among Beksa Ngayogyakarta Hadiningrat. 1982. Kawruh Joged Mataram. Yogyakarta: Yayasan Siswa Among Beksa.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers.

Kesuma, Cepi Triatna, & Johar Pramana. 2013. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardawa, Sasminta. 1983. Tuntunan Pelajaran Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Ikatan Keluarga SMKI Yogyakarta.

Moleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mustari, Mohamad. 2014. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Purwanto, Setyoadi. 2016. Pendidikan Karakter Melalui Seni. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rochjat, H Harun, 2007. Metode Penelitian Kualitatip Untuk Pelatihan. Bandung: Mandar Maju.

Rusliana, Iyus. 1982. Pendidikan Seni Tari. Bandung: Angkasa.

Saptono, 2011. Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Erlangga.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumandiyo, Y Hadi. 2006. Sosiologi Tari: Sebuah Pengenalan Awal. Yogyakarta: Pustaka.

Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Suryobrongto, dkk. 1981. Mengenal Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Dewan Kesenian Provinsi DIY.

Soedarsono. 1972. Djawa dan Bali. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Bangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar

Wibowo, Fred. 2002. Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Akses Internet:

Kusumastuti, Eny. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Seni Tari Terpadu Pada Siswa Sekolah Dasar. https://www.researchgate.net/publication/307830514_PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_SENI _TARI_TERPADU_PADA_SISWA_SEKOLAH_DASAR . 6 Februari 2018

Kusumastuti, Eny. 2015. Model Pengembangan Pembelajaran Seni Tari Sebagai Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. http://www.academia.edu/signup?a_id=35910894 . 6 Februari 2018

Suyanto. 2016. 6 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli. http://www.sepengetahuan.com/2016/03/6-pengertian-pendidikan-karakter-menurut-para-ahli.html .

Tiffany. 2018. Macam-macam Pendekatan dalam Psikologi. https://www.google.co.id/amp/s/dosenpsikologi.com/macam-pendekatan-dalam-psikologi/amp .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.