Proses Komunikasi Cyber Comunity (Studi Bisnis Online Shop di Kalangan Mahasiswa UNY)
Abstract
Manusia saling membutuhkan manusia lainnya dan berinteraksi., komunikasi adalah kunci utama
dalam melakukan interaksi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melahirkan
beragam cara untuk melakukan komunikasi salah satunya komunikasi secara online yang
kemudian menyebabkan beberapa orang membentuk cyber community di bidang-bidang tertentu.
Online shop adalah salah satu bidang tersebut. Mahasiswa UNY juga mulai menggeluti bidang
tersebut sebagai kegiatan sampingan disamping kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana proses komunikasi yang terjadi dan faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan proses komunikasi dalam bisnis online shop di kalangan mahasiswa UNY.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian dipilih
menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih informan berdasarkan kriteria yang
sudah ditetapkan. Selain menggunakan purposive sampling peneliti juga menggunakan snowball
sampling untuk memilih informan berdasarkan rekomendasi dari informan sebelumnya. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, serta kepustakaan.
Adapun validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang
digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman, mulai dari pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa komunikasi menjadi dasar dari keberhasilan bisnis online shop. Meski masih bisa timbul
miskomunikasi, komunikasi secara online bisa digunakan lebih efektif dan efisien dari sisi waktu
dan jarak dibandingkan dengan komunikasi langsung. Efektifitas proses komunikasi dalam bisnis
online shop oleh seller dilihat dari dua hal yaitu seberapa banyak orang yang membeli produk
dan seberapa besar efek yang ditimbulkan dari media online shop. Sedangkan customer melihat
proses komunikasi berjalan efektif apabila seller memiliki kesamaan makna denganya. Proses
komunikasi dapat berjalan maksimal dengan memperhatikan dan memperbaiki setiap tahap
komunikasi mulai dari ideation (penciptaan gagasan, encoding (penciptaan pesan), encode
(penyampaian pesan), decoding (penafsiran), dan feedback (umpan balik). Terdapat pula faktorfaktor
yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses komunikasi ini diantaranya penggunaan
bahasa dan simbol-simbol lainnya, penggunaan teknologi dan media komunikasi, kecakapan
komunikator, sikap, kondisi lingkungan dan waktu. Terdapat pula permasalahan di dalam bisnis
online shop yang perlu diatasi yaitu persaingan, pemilihan supplier dan penipuan.
dalam melakukan interaksi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melahirkan
beragam cara untuk melakukan komunikasi salah satunya komunikasi secara online yang
kemudian menyebabkan beberapa orang membentuk cyber community di bidang-bidang tertentu.
Online shop adalah salah satu bidang tersebut. Mahasiswa UNY juga mulai menggeluti bidang
tersebut sebagai kegiatan sampingan disamping kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana proses komunikasi yang terjadi dan faktor-faktor yang mempengaruhi
keberhasilan proses komunikasi dalam bisnis online shop di kalangan mahasiswa UNY.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian dipilih
menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih informan berdasarkan kriteria yang
sudah ditetapkan. Selain menggunakan purposive sampling peneliti juga menggunakan snowball
sampling untuk memilih informan berdasarkan rekomendasi dari informan sebelumnya. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, serta kepustakaan.
Adapun validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang
digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman, mulai dari pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa komunikasi menjadi dasar dari keberhasilan bisnis online shop. Meski masih bisa timbul
miskomunikasi, komunikasi secara online bisa digunakan lebih efektif dan efisien dari sisi waktu
dan jarak dibandingkan dengan komunikasi langsung. Efektifitas proses komunikasi dalam bisnis
online shop oleh seller dilihat dari dua hal yaitu seberapa banyak orang yang membeli produk
dan seberapa besar efek yang ditimbulkan dari media online shop. Sedangkan customer melihat
proses komunikasi berjalan efektif apabila seller memiliki kesamaan makna denganya. Proses
komunikasi dapat berjalan maksimal dengan memperhatikan dan memperbaiki setiap tahap
komunikasi mulai dari ideation (penciptaan gagasan, encoding (penciptaan pesan), encode
(penyampaian pesan), decoding (penafsiran), dan feedback (umpan balik). Terdapat pula faktorfaktor
yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses komunikasi ini diantaranya penggunaan
bahasa dan simbol-simbol lainnya, penggunaan teknologi dan media komunikasi, kecakapan
komunikator, sikap, kondisi lingkungan dan waktu. Terdapat pula permasalahan di dalam bisnis
online shop yang perlu diatasi yaitu persaingan, pemilihan supplier dan penipuan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v6i2.9088
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417