HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan smartphone dikalangan pelajar sekolah yang
semakin hari semakin meningkat, bahkan sudah menjadi tren dikalangan pelajar, penggunaan
smartphone yang tidak terkontrol mengakibatkan disiplin belajar siswa menjadi tergangu.
Adanya penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan intensitas penggunaan smartphone
dengan disiplin belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XI IS I –XI IS
V SMAN 5 Magelang. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Intrument penelitian
terdiri dari 19 butir intensitas pengunaan smartphone dan 20 butir disiplin belajar. Metode
analisis data yang digunakan adalah teknik Product Moment dari Pearson dengan
menggunakan bantuan SPSS ver.22 dan ditampilkan dalam bentuk tabel. Berdasarkan analisis
data yang telah dilakukan, hasil penelitian dari Pearson Corelation menujukkan bahwa r= 0,391
dengan P=0.000 (P<0,05). Hal ini bearti terdapat hubungan (-) antara intensitas
penggunaan smartphone dengan disiplin belajar siswa. Artinya semakin tinggi intensitas
penggunaan smartphone, maka semakin rendah disiplin belajar siswa, demikian sebaliknya.
Intensitas penggunaan smartphone memberikan sumbangan 15,3% terhadap disiplin belajar
siswa, sedangkan sisanya 84,7 % ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil dari
analisis data penelitian ini bahwa hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan
disiplin belajar siswa berbanding terbalik atau berlawanan. Sehingga hipotesis dalam
penelitian ini dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan negatif antara intensitas
penggunaan smartphone dengan disiplin belajar siswa dapat diterima.
semakin hari semakin meningkat, bahkan sudah menjadi tren dikalangan pelajar, penggunaan
smartphone yang tidak terkontrol mengakibatkan disiplin belajar siswa menjadi tergangu.
Adanya penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan intensitas penggunaan smartphone
dengan disiplin belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XI IS I –XI IS
V SMAN 5 Magelang. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Intrument penelitian
terdiri dari 19 butir intensitas pengunaan smartphone dan 20 butir disiplin belajar. Metode
analisis data yang digunakan adalah teknik Product Moment dari Pearson dengan
menggunakan bantuan SPSS ver.22 dan ditampilkan dalam bentuk tabel. Berdasarkan analisis
data yang telah dilakukan, hasil penelitian dari Pearson Corelation menujukkan bahwa r= 0,391
dengan P=0.000 (P<0,05). Hal ini bearti terdapat hubungan (-) antara intensitas
penggunaan smartphone dengan disiplin belajar siswa. Artinya semakin tinggi intensitas
penggunaan smartphone, maka semakin rendah disiplin belajar siswa, demikian sebaliknya.
Intensitas penggunaan smartphone memberikan sumbangan 15,3% terhadap disiplin belajar
siswa, sedangkan sisanya 84,7 % ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil dari
analisis data penelitian ini bahwa hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan
disiplin belajar siswa berbanding terbalik atau berlawanan. Sehingga hipotesis dalam
penelitian ini dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan negatif antara intensitas
penggunaan smartphone dengan disiplin belajar siswa dapat diterima.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v6i1.9081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417