HUBUNGAN PARTISIPASI ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Eka Meilyani,

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  seberapa  besar  pengaruh
partisipasi orang tua dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa.  Hasil penelitian
ini  menunjukkan  bahwa:  1)  Partisipasi  orang  tua  berpengaruh  positif  dan
signifikan terhadap prestasi belajar aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa
SMA  Negeri  1  Karanganom.  Hal  ini  ditunjukkan  dari  hasil  perhitungan  pada
aspek  kognitif  memiliki  nilai  t
hitung  >  ttabel
(4,240  >  1,980)  dan  nilai  koefisien
korelasi  sebesar  0,408,  pada  aspek  psikomotorik  memiliki  thitung
>  ttabel
(5,017  >
1,980) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,467, dan pada aspek afektif memiliki
nilai  t
hitung  >  ttabel  (3,579  >  1,980)  dan  nilai  koefisien  korelasi  sebesar  0,353.  2).
Partisipasi  orang  tua  memberikan  pengaruh  15,7%  pada  prestasi  belajar  aspek
kognitif, 21% pada prestasi belajar aspek psikomotorik, dan 11,5% pada prestasi
belajar  aspek  afektif  siswa  SMA  Negeri  1  Karanganom.  Berdasarkan  penelitian
tersebut, sekolah dan orang tua dari siswa SMA Negeri 1 Karanganom perlu lebih
menggiatkan  partisipasi  orang  tua  agar  prestasi  belajar  yang  diraih  siswa  dapat
lebih optimal baik dalam aspek kognitif, psikomotorik, maupun afektif.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v5i6.4020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417