JARINGAN SOSIAL PEDAGANG MAKANAN EVENT DI YOGYAKARTA
Abstract
Berdagang adalah salah satu profesi yang menjadi alternatif mata
pencaharian bagi masyarakat. Dalam berdagang dituntut kemampuan dari
pedagang tersebut untuk berinteraksi dengan manusia lain demi menjaga
eksistensi dirinya. Dan salah satu bentuk menjaga eksistensi diri yaitu membentuk
sebuah kelompok sosial. Seperti halnya kelompok pedagang makanan event yang
ada di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan memahami jaringan
sosial yang ada diantara kelompok pedagang makanan yang berjualan saat event
berlangsung. Dan untuk mengetahui siapa tokoh sentral dari jaringan ini
Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan
statistik deskriptif dimana peneliti menganalisis data angka ke bentuk ku antitatif.
Instrumen penelitian adalah dengan menggunakan kuesioner. Informan dipilih
dengan menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan penyebaran angket. Pengujian keabsahan data
menggunakan teknik trianggulasi sumber. Analisis data penelitian menggunakan
pengolahan SNA (Social Network Analysis) dengan aplikasi UCINET 6.0 yang
kemudian dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jaringan sosial yang terjadi
diantara pedagang event ini, para pedagang hanya dihubungkan oleh kepentingan
berdagang saja, tidak disertai dengan hubungan emosional. Motivasi untuk
bersama sangat minim dengan ditunjukkan dengan jumlah density yang besar
hanya ada pada aspek tukar menukar informasi, sedangkan dalam aspek
emosional seperti orang yang disukai dan tokoh sentral density tidak sebesar pada
aspek tukar menukar informasi. Tokoh sentral dalam jaringan belum tentu adalah
orang yang disukai oleh semua anggota kelompo
pencaharian bagi masyarakat. Dalam berdagang dituntut kemampuan dari
pedagang tersebut untuk berinteraksi dengan manusia lain demi menjaga
eksistensi dirinya. Dan salah satu bentuk menjaga eksistensi diri yaitu membentuk
sebuah kelompok sosial. Seperti halnya kelompok pedagang makanan event yang
ada di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan memahami jaringan
sosial yang ada diantara kelompok pedagang makanan yang berjualan saat event
berlangsung. Dan untuk mengetahui siapa tokoh sentral dari jaringan ini
Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan
statistik deskriptif dimana peneliti menganalisis data angka ke bentuk ku antitatif.
Instrumen penelitian adalah dengan menggunakan kuesioner. Informan dipilih
dengan menggunakan teknik purposive dan snowball sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan penyebaran angket. Pengujian keabsahan data
menggunakan teknik trianggulasi sumber. Analisis data penelitian menggunakan
pengolahan SNA (Social Network Analysis) dengan aplikasi UCINET 6.0 yang
kemudian dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jaringan sosial yang terjadi
diantara pedagang event ini, para pedagang hanya dihubungkan oleh kepentingan
berdagang saja, tidak disertai dengan hubungan emosional. Motivasi untuk
bersama sangat minim dengan ditunjukkan dengan jumlah density yang besar
hanya ada pada aspek tukar menukar informasi, sedangkan dalam aspek
emosional seperti orang yang disukai dan tokoh sentral density tidak sebesar pada
aspek tukar menukar informasi. Tokoh sentral dalam jaringan belum tentu adalah
orang yang disukai oleh semua anggota kelompo
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v5i2.3799
Refbacks
- There are currently no refbacks.
eISSN: 2827-9417