JARINGAN SOSIAL PEDAGANG MAKANAN EVENT DI YOGYAKARTA

Prasetyo Prasetyo,

Abstract


Berdagang  adalah  salah  satu  profesi  yang  menjadi  alternatif  mata
pencaharian  bagi  masyarakat.  Dalam  berdagang  dituntut  kemampuan  dari
pedagang  tersebut  untuk  berinteraksi  dengan  manusia  lain  demi  menjaga
eksistensi dirinya. Dan salah satu bentuk menjaga eksistensi diri yaitu membentuk
sebuah kelompok sosial. Seperti halnya kelompok pedagang makanan  event  yang
ada di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan memahami  jaringan
sosial yang ada diantara  kelompok  pedagang makanan yang berjualan saat  event
berlangsung. Dan untuk mengetahui siapa tokoh sentral dari jaringan ini
Desain  penelitian  yang  digunakan  adalah  kuantitatif  dengan  pendekatan
statistik deskriptif dimana peneliti menganalisis data angka ke bentuk ku antitatif.
Instrumen  penelitian  adalah  dengan  menggunakan  kuesioner.  Informan  dipilih
dengan  menggunakan  teknik  purposive  dan  snowball  sampling.  Teknik
pengumpulan  data  menggunakan  penyebaran  angket.  Pengujian  keabsahan  data
menggunakan teknik trianggulasi  sumber. Analisis data penelitian menggunakan
pengolahan  SNA  (Social  Network  Analysis)  dengan  aplikasi  UCINET  6.0  yang
kemudian dianalisis.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  dalam  jaringan  sosial  yang  terjadi
diantara  pedagang  event  ini, para pedagang hanya dihubungkan oleh kepentingan
berdagang  saja,  tidak  disertai  dengan  hubungan  emosional.  Motivasi  untuk
bersama  sangat  minim  dengan  ditunjukkan  dengan  jumlah  density  yang  besar
hanya  ada  pada  aspek  tukar  menukar  informasi,  sedangkan  dalam  aspek
emosional seperti orang yang disukai dan tokoh sentral  density  tidak sebesar pada
aspek tukar menukar informasi. Tokoh sentral dalam jaringan belum tentu adalah
orang yang disukai oleh semua anggota kelompo

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v5i2.3799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417