SEKOLAH GRATIS SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMANGUNAN MANUSIA (STUDI DI KOTA BLITAR, JAWA TIMUR)

Tutut Wahyuni, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta
Poerwanti Hadi Pratiwi, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan program sekolah gratis dan peningkatan mutu pendidikan. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskripsi dengan perolehan data primer dan sekunder. Informan dipilih berdasarkan teknik purposive sampling dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program sekolah gratis mampu meningkatkan kualitas pembangunan manusia melalui pendidikan. Berbagai bentuk terobosan terdapat dalam pelaksanaan program ini. Pembebasan uang SPP serta pemberian buku paket, buku LKS, buku tulis, alat tulis, seragam, sepatu, tas dan tablet secara gratis menjadi unggulan dari program sekolah gratis di Kota Blitar. Peningkatan kualitas tenaga pengajar juga menjadi perhatian pemerintah melalui program sertifikasi profesi. Sehingga diharapkan tenaga pengajar mampu menciptakan proses pembelajaran yang baik dan sesuai kebutuhan. Pelaksanaan program sekolah gratis mampu meningkatkan mutu pendidikan dilihat dari angka kelulusan, menurunnya angka putus sekolah, serta presentase kualifikasi dan kinerja guru.

Keywords


Program, Sekolah Gratis, Mutu Pendidikan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v10i5.17186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417